Pages

Rabu, 18 Mei 2016

Buah Pepaya California Tak Kunjung Ranum

Pepaya California Muda di Kebun
Pepaya California Belum Matang
Kalau sudah nampak seperti ini, saya kira pepaya california di kebun saya ini akan segera matang. Ternyata tidak. 

Foto ini saya ambil beberapa minggu yang lalu. Mungkin sudah lebih dari dua minggu. Nyatanya sampai sekarang belum menguning. Masih berwarna hijau seperti pada foto di atas. 

Padahal saya sudah tidak sabar untuk memetik buah pepaya di pohon ini untuk yang pertama kalinya.  

Pepaya California ini adalah pepaya pertama yang saya tanam sendiri. Bisa dibilang ini adalah percobaan saya. 


Untuk menanam pepaya ini prosesnya cukup panjang. Pada tahun lalu saya membeli satu kemasan benih pepaya california di toko pertanian. Kalau tidak salah harganya Rp 20 ribu. 

Untuk menyemaikannya saya sekaligus membeli polybag. Membeli polybag tidak bisa secara eceran. Saya membelinya satu pack. Harganya kalau tidak salah Rp 20 ribu.


Berbekal panduan menanam di plastik kemasan bibit Pepaya California saya mulai mengisi polybag dengan adonan media. Adonan media pembibitan itu terdiri dari campuran antara tanah, pasir dan pupuk kandang.

 Cukup lama proses penyemaian dari biji sampai bibit pepaya ini siap dipindahkan ke kebun. Saya selama berbulan-bulan harus menyiramnya dalam porsi yang tepat secara rajin. Saya pun melakukannya.

Pun begitu, semaian pepaya saya tidak 100 persen bagus, tidak semuanya layak tanam. Namun masih lumayan dengan kira-kira separo bisa ditanam.

Itu pun saya hanya menanamnya di kebun beberapa batang. Selebihnya saya bagikan kepada siapa saja yang mau menanamnya. 

Dan Pepaya California di atas adalah satu-satunya yang saya tanam di kebun yang berbuah. 

Sebuah prestasi bercocok tanam pepaya yang tidak layak dibanggakan, hehe

1 komentar:

Kornelius Ginting mengatakan...

Ditunggu ceritanya kalau sudah matang ya mas.. Sama ngga sama yg dipasarkan di pasar modern rasanya..:)