Pages

Selasa, 05 April 2016

Tempe Goreng, Resep Andalan Keluarga

Makanan favorit adalah makanan yang paling sering kami makan, namun kami tidak merasa bosan. Tempe Goreng bagi kelurga kami adalah makanan yang paling tidak membosankan. Kami menikmatinya hampir setiap hari sepanjang hidup kami. Sampai sekarang kami tidak bosan.

Memasaknya pun tidak sulit. Jenis tempe yang paling kami suka adalah tempe yang dibuat secara tradisional. Dibuat dengan bungkus daun/daun jati atau daun pisang.

Digoreng garing dengan bumbu bawang dan garam saja. Tidak neko-neko dan sama sekali tidak pakai bahan penyedap rasa sintetis.

Cara membuatnya cukup bawang putih secukupnya. Cukup bagi kami bisa dianggap banyak bagi orang lain. Beri garam dapur secukupnya. Kemudian lumatkan dengan diulek di cobek. Ulekan bawang dan garam itu diberi air sedikit. Kemudian celupkan tempe yang sudah dikupas. Kalau perlu tempenya digarit garit tipis agar bumbu bawang garam meresap.

Langkah terakhir digoreng sampai mencapai tingkat kematangan yang pas. Indikatornya warna tempe berubah menjadi kuning keemasan. Tidak ada bagian tempe yang masih berwarna putih.

Tempe goreng bawang garam ini bagi kami cocok untuk lauk atau pun sebagai teman wedangan. Keluarga kami sekaligus penyuka wedhang teh Nasgitel.

Tidak ada komentar: