Pages

Jumat, 11 Maret 2016

Domain Blog Akan Ganti. Dari Blogspot ke GoogleBlog

Dalam dua hari terakhir netizen, khususnya blogger yang kebanyakan sudah tua seperti saya sedang ramai membicarakan tentang Google Page Rank dan pergantian domain layanan blog milik Google yang sedang saya gunakan ini. Blog saya yang selama ini menggunakan sub domain blogspot, kabarnya tidak lama lagi akan otomatis migrasi dengan sub domain googleblog.

Inilah alasan mengapa saya memulai menulis di sini lagi. Karena blog ini adalah bagian dari dua perbincangan hangat yang saya tulis di atas.

Google Page Rank merupakan indikator pemeringkatan yang dibuat Google untuk menilai kualitas suatu web di mata mesin pencarian Google. Google Page Rank mempunyai sekala dari 0 sampai 10. Skala inilah yang akhirnya banyak digunakan orang untuk berlomba-lomba memperbaiki web atau blog yang dikembangkanya agar bagus di mata Google.

Meski sejak awal tidak bercita-cita agar saya mempunyai blog yang bagus di mata mesin pencari Google, saya pun pernah sesekali mengecek apakah blog saya yang satunya: http://jarwadi.me dikenali dengan baik oleh pencarian Google atau tidak. Blog tersebut pernah mendapatkan PR 2. Tidak bagus tapi juga tidak begitu buruk untuk ukuran sebuah blog Curhat.

Kalau PR sudah lama ada kenapa tiba-tiba menjadi pembicaraan baru di kalangan Netizen?

Karena Google memutuskan untuk menutup Google Page Rank dari akses publik. Hanya akses publiknya saja yang ditutup. Namun Google akan tetap saja melakukan pemeringkatan seperti ini. Mungkin dengan algoritma yang lebih kekinian agar memenuhi harapan para pencari.

Alasan Google menututup Google PR dari akses publik konon karena banyaknya penyalahgunaan dan banyaknya upaya para pelaku SEO dalam mengakali algoritma mesin pencari ini. Hewduh

Menjadi pertanyaan adalah sekarang metric apa yang akan digunakan untuk menilai sebuah web/blog di mata mesin pencari. Cara yang agak lama adalah Alexa Rank. Cara yang baru saya tahu adalah dengan Moz Rank, dimana Moz Rank mengenal Domain Authority dan Page Authority.

Topik percakapan kedua yang saya maksud sangat terkait dengan blog ini, yaitu peralihan dari Blogspot ke Googleblog.

Ini bisa saya lihat sebagai upaya Google barangkali untuk menyeragamkan nama-nama layanannya.

Imbasnya bagi blog saya adalah dari sekarang http://jarwadi.blogspot.co.id akan menjadi http://jarwadi.googleblog.co.id atau http://jarwadi.googleblog.com.

Menurut saya rasanya dengan nama googleblog.com nama blog saya akan kedengaran lebih baik.

Mendadak saya jadi ingat salah satu nama blog milik google sendiri yaitu http://googleblog.blogspot.com. Apakah blog tersebut akan berganti menjadi http://googleblog.googleblog.com. Entahlah. Bila seperti itu rasanya akan kedengaran agak aneh. Lucu.

Kemudian kenapa penggantian nama layanan ini begitu meresahkan bagi blogger adalah kekhawatiran dengan penggantian domain maka blog mereka akan mengalami penurunan pemeringatan. Sebagaimana mereka menggunakan nama domain baru tentu mereka seolah akan memulai dari nol lagi. Mereka akan mulai memperkenalkan blog sebagaimana bayi yang baru diberi nama. Akan nyari-nyari inbound link lagi dan lain-lain.

Beberapa teman saya berkomentar: ya begini risiko menggunakan layanan blog gratisan. harus nurut, ngga boleh protes sama yang punya layanan.

Saya sendiri tidak akan mempermasalahkan hal seperti ini. Apalagi untuk blog ini. Bagi saya hakikat blog adalah untuk curhat dan mendokumentasikan keseharian. Keuntungan yang paling membahagiakan dari blog blog saya adalah peristiwa yang dapat saya hadirkan kembali ke hati dengan membaca baca posting lama dalam blog saya.

Btw semoga saya bisa rajin menulis di sini lagi. Googleblog semoga menjadi memontum untuk menulis dengan hati.